Jumat, 25 Februari 2011

Aku Jatuh Cinta, Ya Rabb..

Cinta ibarat kupu-kupu, makin kau kejar makin ia menghindar. Tapi bila kau biarkan terbang. Ia akan menghampirimu di saat kau tak menduganya. Cinta bisa  membahagikanmu tapi sering pulam ia menyakiti, tapi cita itu istimewa apabila kau berikan pada seseorang yang layak menerima. Jadi tenang-tenang saja, jangan terburu-buru dan pilihlah yang terbaik.  


Semua orang pasti berpotensi jatuh cinta kepada lawan jenisnya, seorang yang kelihatan pendiam, tidak banyak omong dan tergolong penutup, dan tiba-tiba curhat dan mengatakan sedang njatuh cinta kepada seorang wanita yang menjadi teman sekelasnmya, dan sebaginya. Sekarang timbul pertanyaan, apa yang memuat kita memiliki cinta? Ya.. tentu jawabannya yang :

ü      Karena Allah memberi fitrah kepada manusia untuk mencintai keindahan sehingga ita mudah kegum dengan keindahan dan kecantikan yang nampak.
ü      Karena manusia cenderung lemah dan tak berdaya, oleh karena itu, manusiai akan mencri seseorang atau sesuatu yang dapat memberikan kekuatan, keperkasaan. Dan kegagahan
ü      Karena sifat manusia cenderung membutuhkan orang lain, tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain               

Lalu kapan anda merasakan cinta ? dulu, sekarang atau baru saja tadi sebelum membaca buku ini ? boleh jadi jawaban anda bermacam-macam. Karena jatuh cinta ceritanyay bermacam-macam. Cinta pertama boleh jadi datang saat you duduk di bangku SMA, tertarik dengan seorang gadis/laki-laki yang sangat belia karena sudah sekian lama bergaul di kelas yang sama. Ibaratnya kesan pertama, begitu biasa, selanjutnya kok tergoda. Yang kita kenal dengan cinta motaaks.
Sekarang kta simak seorang yang membagi cinta dalam tiga bagian yaitu :

1.       Cinta Karena Nafsu : Cinta jenis ini cenderung tak terkontrol karena hubungan antara dua orang yang atas nama cinta ini dikuasi oleh emosi yang berlebihan. Disinilah cinta berlaku.
2.       Cinta Pragmatis : Pada cinta jenis ini ada keseimbangan antara rasa suka dan duka, atau ada hubungan tmbal balik. Sepasang ini cenderung dapat mengontrol perasaannya.
3.       Cinta Altruistik : Nah, cinta yang ini biasanya dimiliki oleh ibu untuk anaknya. Biasanya disertai kasih sayang tak terbatas. Menurut Eric fromm. Cinta yang berpinsip take and give bukanlah cinta sejati. Tapi cinta dagang. 

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa unsur cinta kalee…!!??

·        Care atau peduli : kalau kitat mencintai seseorang. Kita harus menaruh perhatian serius pada kebahagian dan perkembangan pribadinya.
·        Bertanggung jawab. Artinya, siap memenuhi kebutuhan psikis prang yang dicintai dan membuatnya bahagia.
·        Respec atau hormat. Maksudnya, kita mampu memandang dan menerima orang yang kita cintai dengan apa adanya. Kebaikan maupun keburukannya. Kebnayakan orang branggapan bahwa mencintai seseorang berarti meminta seseorang itu memiliki kepribadian dan berlaku seperti yang kita inginkan dan menurut segala keinginan kita. Hubungan cinta yang ideal itu tidak saling bergantung dan tidak saling mengeksplotasi. Masing-masing mandiri, namun pada saat yang sama saling mendukung dan memperkembangkan.

Aku pun meminta....
Allahu Rabbi aku minta izin
Bila suatu saat aku jatuh cinta
Jangan biarkan cinta untuk-Mu berkurang
Hingga membuat lalai akan adanya Engkau

Allahu Rabbi
Aku punya pinta
Bila suatu saat aku jatuh cinta
Penuhilah hatiku dengan bilangan cinta-Mu yang tak terbatas
Biar rasaku pada-Mu tetap utuh

Allahu Rabbi
Izinkanlah bila suatu saat aku jatuh cinta
Pilihkan untukku seseorang yang hatinya penuh dengan
kasih-Mu
dan membuatku semakin mengagumi-Mu

Allahu Rabbi
Bila suatu saat aku jatuh hati
Pertemukanlah kami
Berilah kami kesempatan untuk lebih mendekati cinta-Mu

Allahu Rabbi
Pintaku terakhir adalah seandainya kujatuh hati
Jangan pernah Kau palingkan wajah-Mu dariku
Anugerahkanlah aku cinta-Mu...
Cinta yang tak pernah pupus oleh waktu

Amin !

1 komentar:

  1. Cinta adalah cerita
    Cerita berbeda dengan ungkapan
    Ungkapkan cinta jangan hanya jadi cerita
    Bercintalah dengan cinta

    salam

    BalasHapus